Sebuah chord dalam musik adalah setiap harmonik set dua sampai tiga atau lebih catatan yang terdengar seolah-olah terdengar bersamaan . [1] [2] Ini tidak perlu benar-benar dimainkan bersama: arpeggio dan akord rusak dapat untuk tujuan praktis dan teoritis banyak dipahami sebagai akord. Chord dan urutan akord yang sering digunakan dalam modern barat, Afrika barat [3] dan Oseania [4] musik, sedangkan mereka absen dari musik dalam banyak bagian lain dunia. [5]

Akord yang sering dihadapi adalah triad , disebut demikian karena mereka terdiri dari tiga catatan berbeda: catatan lebih lanjut dapat ditambahkan untuk memberikan akord ketujuh , akord diperpanjang , atau akord nada menambahkan . Yang paling umum akord adalah utama dan minor triad dan kemudian ditambah dan berkurang triad . Uraian “besar”, “kecil”, “ditambah” dan “berkurang” kadang-kadang disebut secara kolektif sebagai chordal “kualitas”. Chords juga sering digolongkan oleh mereka akar catatan sehingga, misalnya, akord C Mayor dapat digambarkan sebagai tiga serangkai kualitas utama yang dibangun di atas catatan C. Chords juga dapat diklasifikasikan oleh inversi , urutan di mana catatan mereka ditumpuk.

Namun, karena arti struktural akord tergantung secara eksklusif pada tingkat skala yang dibangun, [6] akord biasanya dianalisis dengan penomoran mereka, dengan menggunakan angka Romawi , ke atas dari catatan kunci-(Lihat fungsi diatonis ). Ada empat cara umum notating atau mewakili akord [7] dalam musik barat selain konvensional notasi staf ; angka Romawi , pikir bass , banyak digunakan dalam era Baroque , simbol makro , kadang-kadang digunakan dalam modern musikologi , dan berbagai sistem simbol dan notasi seperti biasanya ditemukan dalam lembaran timah , buku palsu dan grafik akord digunakan dalam musik populer untuk lay out groundplan harmonik sepotong sehingga musisi dapat berimprovisasi, “kemacetan” , “menggoda” , “buru-buru” atau “kepala mengatur “ bagian.

C Mayor triad direpresentasikan dalam notasi staf .
Tentang suara ini Play ( membantu · Info ) dalam hanya intonasi
Tentang suara ini Play ( membantu · Info ) dalam temperamen yang Sama
Tentang suara ini Play ( membantu · Info ) di 1/4-comma meantone
Tentang suara ini Play ( membantu · Info ) dalam temperamen muda
Tentang suara ini Play ( membantu · Info ) dalam tala Pythagoras

Isi

[hide]

[ sunting ] Definisi dan sejarah

Artikel utama: Harmony

Gambar Mussorgsky di sebuah “Promenade” Pameran, adalah bagian yang menunjukkan progresi akord eksplisit. (Nattiez 1990, hal. 218) Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

Kata “chord” Bahasa Inggris berasal dari “tali” Inggris Pertengahan, memperpendek “sesuai” [8] dalam arti asli dari “perjanjian” dan kemudian “suara yang harmonis”. [9] Sebuah urutan akord dikenal sebagai akord kemajuan atau perkembangan harmonis. Ini sering digunakan dalam musik Barat. [5] Sebuah perkembangan akord “bertujuan untuk tujuan yang pasti” membangun (atau bertentangan) dengan nada suara didirikan pada kunci , akar atau tonik akord. [6] Studi tentang harmoni melibatkan akord dan chord progresi , dan prinsip-prinsip hubungan yang mengaturnya. [10]

Otto Karolyi [11] menulis bahwa “dua atau lebih note dibunyikan secara bersamaan dikenal sebagai akord” meskipun, karena kasus setiap catatan diberikan dalam oktaf yang berbeda dapat diambil sebagai catatan yang sama, itu lebih tepat untuk tujuan analisis untuk berbicara “kelas pitch” yang berbeda. Selain itu, karena tiga catatan yang diperlukan untuk menentukan setiap akord umum , tiga sering diambil sebagai jumlah minimum catatan yang membentuk akord yang pasti. Oleh karena itu Andrew Surmani, misalnya, (. 2004, hal 72) menyatakan; “ketika tiga atau lebih catatan yang terdengar bersama-sama, kombinasi ini disebut akord” dan George T. Jones (. 1994, hal 43) setuju, “dua nada terdengar bersama-sama biasanya disebut interval, sedangkan tiga atau adat istiadat nada disebut akord “. Menurut Monath (1984, hal 37.); “Akord adalah kombinasi dari tiga atau lebih nada secara bersamaan terdengar” dan jarak antara nada disebut interval. Namun sonorities dua pitches, atau bahkan satu catatan melodi, biasanya terdengar sebagai “menyiratkan” akord. [12]

Untuk konfigurasi suara untuk diakui sebagai akord ia harus memiliki durasi tertentu [. rujukan? ] Tapi, karena akord dapat dipahami seperti itu bahkan ketika semua catatan yang tidak secara bersamaan terdengar, telah ada beberapa diskusi akademik mengenai titik di mana sekelompok catatan dapat disebut akord. Jean-Jacques Nattiez (1990, hal 218.) menjelaskan bahwa “kita dapat menemukan ‘akord murni’ dalam sebuah karya musik,” seperti dalam “Promenade” dari Sederhana Mussorgsky ‘ s Gambar di Pameran sebuah tapi “sering, kita harus pergi dari tekstual diberikan kepada representasi yang lebih abstrak dari akord yang digunakan” – seperti dalam Claude Debussy Arabesque Première .

Atas mencegah: Claude Debussy ‘s Première Arabesque. chords pada garis paranada yang lebih rendah yang dibangun dari catatan dalam lembaran yang sebenarnya, ditampilkan pada bagian atas paranada. Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

Pada abad pertengahan era, Kristen awal himne menampilkan Organum (yang menggunakan interval sempurna simultan dari keempat, kelima, dan satu oktaf [13] ), dengan progresi akord dan harmoni hasil insidental dari penekanan pada garis melodi selama abad pertengahan dan kemudian Renaissance (15-17 abad). [7] [14]

The Baroque periode, abad 17 dan 18, mulai menampilkan skala besar dan kecil berdasarkan sistem tonal dan keharmonisan, termasuk progresi akord dan progresi lingkaran . [7] Saat itu di periode Baroque yang diiringi melodi dengan akord dikembangkan, seperti pada bass pikir, [14] dan irama akrab (otentik sempurna, dll). [15] Dalam Renaisans, “sonorities disonan tertentu yang menyarankan ketujuh dominan terjadi dengan frekuensi tertentu.” [16] Pada periode Baroque yang dominan ketujuh tepat diperkenalkan dan itu digunakan konstan pada periode Klasik dan Romantik. [16] Para nada terkemuka-ketujuh muncul pada periode Barok dan tetap digunakan. [17] akord dominan ketujuh mulai digunakan pada periode Baroque , menjadi sering dalam periode klasik, memberikan cara untuk menonjol diubah pada periode Romantis, dan mengalami kebangkitan di Pasca Romantis dan impresionistik periode. [18]

Para periode Romantis , abad ke-19, menampilkan meningkat chromaticism . [7] yang menonjol Sekunder mulai digunakan di Baroque, menjadi sangat umum pada periode Romantik. [19] Banyak kontemporer genre yang populer di Barat terus didirikan pada harmoni diatonis sederhana, meskipun jauh dari universal: [20] pengecualian termasuk musik dari skor film, yang sering menggunakan harmoni kromatis, tanpa nada atau pasca-tonal, dan jazz modern (terutama sekitar tahun 1960), di mana chords dapat mencakup hingga tujuh catatan (dan kadang-kadang lebih). [21]

Triad terdiri dari tiga catatan, yang “root” atau “pertama” catatan, “ketiga” dan “kelima”. [22] Sebagai contoh C mayor terdiri dari CDEFGAB catatan: triad dapat dibangun pada setiap catatan dalam skala besar, dan semua adalah kecil atau besar kecuali tiga serangkai pada hari ketujuh atau terkemuka-nada , yang merupakan akord berkurang. Triad Sebuah dibentuk dengan menggunakan catatan C itu sendiri terdiri dari C, catatan root, E (catatan ketiga skala) dan G (catatan kelima skala). Interval dari C ke E adalah empat semitone, sebuah ketiga utama , dan tiga serangkai ini disebut C Mayor. Sebuah triad terbentuk pada skala yang sama tetapi dengan D sebagai catatan root, D (root), F (ketiga), A (kelima), di sisi lain, hanya memiliki tiga semitone antara akar dan ketiga dan disebut D minor, tiga serangkai kecil.

[ sunting ] Notasi

C Mayor triad direpresentasikan dalam notasi staf .

Chords dapat direpresentasikan dengan berbagai cara. Sistem notasi paling umum adalah: [7]

  1. Plain staf notasi , yang digunakan dalam musik klasik (lihat gambar).
  2. Angka romawi , yang biasa digunakan dalam analisis harmonik untuk menunjukkan langkah skala yang akord dibangun. [6]
  3. Bass pikir , banyak digunakan dalam era Baroque , menggunakan nomor ditambahkan ke garis bass tertulis pada staf (musik) , untuk memungkinkan pemain keyboard untuk berimprovisasi akord dengan tangan kanan saat bermain bass dengan kiri mereka.
  4. Makro simbol , kadang-kadang digunakan dalam modern musikologi , untuk menunjukkan akar chord dan kualitas.
  5. Berbagai nama dan simbol akord yang digunakan dalam musik populer lembaran timah , buku palsu , dan grafik akord , dengan cepat lay out groundplan harmonik sepotong sehingga musisi dapat berimprovisasi , selai , atau menggoda di atasnya.

[ sunting ] angka Romawi

Artikel utama: analisis Angka Romawi

vi-ii-VI di C [23] Tentang suara ini Play ( membantu · Info ).

Sementara derajat skala biasanya diwakili dengan angka Arab , para triad yang memiliki gelar ini sebagai akar mereka sering diidentifikasi dengan angka Romawi. Dalam beberapa konvensi (seperti dalam artikel ini dan terkait) huruf angka Romawi menunjukkan triad utama, pada saat huruf kecil angka Romawi menunjukkan triad kecil: penulis lain, (misalnya Schoenberg) menggunakan angka Romawi huruf besar untuk kedua triad mayor dan minor. Beberapa penulis menggunakan huruf angka Romawi untuk menunjukkan akord adalah diatonis dalam skala besar, dan huruf kecil angka Romawi untuk menunjukkan bahwa akord adalah diatonis dalam skala kecil. Hilangnya triad dapat diwakili oleh huruf kecil angka Romawi dengan derajat simbol . Perlu dicatat bahwa angka Romawi juga dapat digunakan dalam notasi untuk instrumen senar untuk menunjukkan posisi atau string yang akan dimainkan.

[ sunting ] notasi figured bass

Artikel utama: bass pikir
C dengan 64 tahu bass.png

Bass pikir atau thoroughbass adalah jenis notasi musik yang digunakan dalam hampir semua musik Baroque , meskipun jarang dalam musik modern, untuk menunjukkan harmoni dalam kaitannya dengan konvensional ditulis dengan garis bass . Bass pikir sangat erat kaitannya dengan penyanyi bas continuo iringan . Nomor ditambahkan dan aksidensi bawah staf menunjukkan pada interval untuk dimainkan, jumlah berdiri untuk jumlah skala langkah di atas catatan tertulis bahwa catatan pikir harus dimainkan.

Dalam ilustrasi catatan bass adalah C, dan angka 4 dan 6 menunjukkan bahwa catatan keempat dan keenam di atas, yaitu F dan A, harus dimainkan, memberikan inversi kedua dari tiga serangkai F mayor.

[ sunting ] Makro analisis

Makro analisis untuk triad di C.

Artikel utama: analisis Makro

Analisis makro menggunakan huruf huruf besar dan huruf kecil untuk menunjukkan akar dari seminggu, diikuti dengan simbol-simbol yang menentukan kualitas akord. [7]

[ sunting ] notasi Tabel

Dalam kebanyakan genre dari musik populer , termasuk jazz , pop , dan batu , nama chord dan simbol yang sesuai biasanya terdiri dari satu atau lebih dari bagian berikut:

  1. Para catatan akar (misalnya C).
  2. Para kualitas akord (misalnya utama , maj, atau M).
  3. Para jumlah dari interval yang (misalnya ketujuh, atau 7), atau kurang sering penuh nama atau simbol (misalnya besar ketujuh , maj7, atau M7).
  4. Para diubah kelima (misalnya tajam lima , atau ♯ 5).
  5. Suatu jumlah tambahan interval (misalnya menambahkan 13 atau add13), dalam nada akord menambahkan .

Misalnya, nama C augmented ketujuh , dan simbol yang sesuai Caug7, atau C +7, keduanya terdiri dari bagian 1, 2 dan 3.

Tak satu pun dari bagian, kecuali untuk root, langsung mengacu pada catatan membentuk akord, tetapi untuk interval mereka membentuk terhadap akar. Misalnya, Caug7 dibentuk oleh catatan CEG ♯-B ♭. Namun, nama dan simbol hanya mengacu ke catatan akar C, augmented (kelima) interval dari C ke ♯ G, dan (kecil) ketujuh interval dari C ke B ♭. Interval dari C ke E (a major third ) menetapkan kualitas akord (utama). Satu set decoding aturan diterapkan untuk menyimpulkan informasi yang kurang.

Kualitas Chord terkait dengan kualitas dari komponen interval yang mendefinisikan akord. Kualitas akord utama adalah:

Beberapa simbol yang digunakan untuk kualitas akord mirip dengan yang digunakan untuk kualitas Interval :

  • m, atau menit untuk kecil,
  • M, maj, atau tidak ada simbol (lihat aturan 2 di bawah ) untuk utama,
  • Agustus untuk ditambah,
  • redup untuk berkurang.

Selain itu, bagaimanapun,

  • Δ kadang-kadang digunakan untuk besar, [24] bukan M standar, atau maj,
  • - Kadang-kadang digunakan untuk kecil, dibandingkan memakai standar atau menit,
  • +, Atau Agustus, digunakan untuk augmented (A tidak digunakan),
  • o, °, redup, digunakan untuk berkurang (d tidak digunakan),
  • ø, atau Ø digunakan untuk setengah berkurang,
  • dom digunakan untuk dominan.

[ sunting ] Chord karakteristik

Setiap akord memiliki karakteristik tertentu, yang meliputi:

  • Jumlah kelas lapangan (catatan yang berbeda tanpa memperhatikan oktaf) yang merupakan akord.
  • Skala derajat dari catatan akar
  • Posisi atau inversi akord
  • Jenis Jenderal interval itu berisi: untuk detik misalnya, pertiga, atau perempat

[ sunting ] Jumlah catatan

Dua catatan kombinasi, apakah disebut sebagai akord atau interval, disebut diad . Chords dibangun dari tiga catatan dari beberapa mendasari skala digambarkan sebagai triad . Chords dari empat catatan dikenal sebagai tetrad , lima mengandung disebut pentads dan mereka yang menggunakan enam adalah hexads. Kadang-kadang istilah ” Trichord “,” tetrachord “,” pentachord “dan” hexachord “digunakan, meskipun ini lebih biasanya mengacu pada kelas pitch skala apapun, tidak umumnya dimainkan secara bersamaan. Chords yang mungkin berisi lebih dari tiga catatan termasuk titik pedal akord, akord dominan ketujuh , akord diperpanjang, menambahkan akord nada, cluster , dan polychords.

Polychords dibentuk oleh dua atau lebih akord ditumpangkan. [25] Seringkali dapat dianalisis sebagai akord diperpanjang (Lihat: malaria , akord berubah , chord secundal , harmoni quartal dan kuintal dan chord Tristan ). Misalnya G 7 (♯ 11 ♭ 9) (GBDFA ♭-C ♯) dibentuk dari G mayor (GBD) dan D ♭ utama (D-FA ♭ ♭). [26] Sebuah nada nonchord adalah disonan nada atau tidak stabil yang kebohongan luar akord saat mendengar, meskipun sering menyelesaikan dengan nada akord. [27]

[ sunting ] Skala derajat

C mayor skala Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )

Dalam kunci C mayor tingkat pertama skala, disebut tonik , adalah catatan C itu sendiri, sehingga sebuah chord C mayor, tiga serangkai dibangun di C catatan, dapat disebut akord salah satu yang utama dan dinotasikan di Roma angka yang saya. Akord C sama besar dapat ditemukan dalam skala lainnya: membentuk akord III dalam kunci A minor (ABC) dan akord IV dalam kunci G mayor (G-AB-C). Ini penomoran memungkinkan kita melihat pekerjaan akord yang dilakukan di kunci saat ini dan nada suara.

Banyak analis menggunakan huruf kecil angka Romawi untuk menunjukkan triad kecil dan huruf besar untuk yang besar, dan “gelar” dan “plus” tanda-tanda (o dan +) untuk menunjukkan triad berkurang dan ditambah masing-masing. Jika semua angka mungkin huruf besar dan kualitas dari akord disimpulkan dari tingkat skala. Chords luar skala dapat diindikasikan dengan menambahkan tanda datar / tajam sebelum akord – misalnya, akord E datar utama dalam kunci C mayor diwakili oleh ♭ III. Tonik skala dapat diindikasikan ke kiri (misalnya F ♯:) atau dapat dipahami dari tanda kunci atau petunjuk kontekstual lainnya. Indikasi inversi atau nada tambah dapat diabaikan jika mereka tidak relevan dengan analisis. Angka Romawi menunjukkan akar akord sebagai derajat skala besar tertentu dalam kunci sebagai berikut:

Angka Romawi Saya ii iii IV V vi vii o / bVII
Skala tingkat tonik supertonic mediant subdominant dominan submediant terkemuka nada / subtonic

[ sunting ] Inversi

Akar posisi, inversi pertama, dan kedua inversi akord mayor C Tentang suara ini Play akar posisi akord C mayor ( membantu · Info ), Tentang suara ini Play inversi akord C besar pertama ( membantu · Info ), atau Tentang suara ini Play pembalikan kedua C akord mayor ( membantu · Info ). Chord akar (semua sama) dengan warna merah.

Akar posisi, inversi pertama, dan kedua inversi akord lebih dari C bass Tentang suara ini Play akar posisi akord C mayor ( membantu · Info ), Tentang suara ini Play inversi akord minor dulu ( membantu · Info ), atau Tentang suara ini Play pembalikan kedua akord F mayor ( membantu · Info ). Chord akar merah.

Artikel utama: Inversi (musik)

Dalam harmoni musik seni Barat akord dikatakan berada dalam posisi root ketika catatan tonik adalah yang terendah dalam akord, dan catatan lain di atasnya. Ketika catatan terendah tidak tonik, akord dikatakan terbalik. Chords, memiliki catatan konstituen banyak, dapat memiliki banyak posisi terbalik yang berbeda seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk akord C mayor:

Bass Catatan Posisi Orde catatan Catatan
C akar posisi CEG {} ^ 5_3 sebagai G adalah 5 di atas C dan E adalah 3 atas C
E 1 inversi EGC {} ^ 6_3 sebagai C adalah 6 di atas E dan G adalah E di atas 3
G 2 inversi GCE {} ^ 6_4 sebagai E adalah 6 di atas G dan C adalah 4 di atas G

Selanjutnya, akord empat-catatan dapat dibalik untuk empat posisi yang berbeda dengan metode yang sama seperti inversi triadic. Dimana akord gitar yang menyangkut “inversi” digunakan sedikit berbeda, untuk merujuk ke saham meraba “bentuk”. [28]

[ sunting ] Secundal, malaria, dan akord quartal

Akord Banyak urutan not ascending dipisahkan oleh interval kira-kira ukuran yang sama. Misalnya C utama triad ‘s catatan, CEG, ditentukan oleh urutan dua interval, yang pertama (CE) menjadi utama ketiga dan (EG) kedua ketiga minor . Setiap akord seperti yang dapat didekomposisi menjadi serangkaian (besar atau kecil) pertiga disebut akord malaria. Akord yang paling umum adalah malaria.

Sebuah akord seperti ♭ CDE, meskipun, adalah serangkaian detik, yang berisi utama kedua (CD) dan kedua minor (DE ♭). Setiap akord seperti yang dapat didekomposisi menjadi serangkaian (besar atau kecil) detik disebut secundal.

Quartal chord: chord CFB [29] Tentang suara ini Play ( membantu · Info ).

Para CFB chord, terdiri dari keempat sempurna CF dan keempat augmented ( Tritone ) FB. Setiap akord seperti yang dapat didekomposisi menjadi serangkaian (sempurna atau augmented) perempat disebut quartal.

Istilah-istilah ini dapat menjadi ambigu ketika berhadapan dengan non- diatonic skala seperti pentatonik atau skala kromatik . Penggunaan aksidensi juga dapat mempersulit terminologi. Misalnya akord B ♯-EA ♭ tampaknya serangkaian perempat berkurang (B ♯-E dan EA ♭) tetapi enharmonically setara dengan (dan sonically dibedakan dari) ♯ CEG akord, yang merupakan serangkaian pertiga utama ( CE dan EG ♯).

Lihat juga Mixed-interval akord .

[ sunting ] Triad

Artikel utama: Triad (musik)

Triad , juga disebut akord triadic, adalah akord malaria (lihat di atas) dengan tiga catatan. Keempat triad dasar dijelaskan dibawah.

Komponen interval Chord simbol Catatan Audio
Ketiga Kelima
Mayor triad utama sempurna C, CM, C Δ, CMA, CMAJ CEG Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )
Minor triad kecil sempurna Cm, C-, CMI, Cmin CE ♭-G Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )
Augmented triad utama ditambah C +, C +, Caug CEG ♯ Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )
Berkurang tiga serangkai kecil berkurang º C, Cm (♭ 5), Cdim CE-G ♭ ♭ Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )

[ sunting ] akord Ketujuh

Pitch konstelasi dari akord ketujuh.

Artikel utama: chord Ketujuh

Ketujuh adalah akord akord malaria (lihat di atas), dibangun dengan menambahkan catatan keempat triad, pada interval ketiga atas kelima akord. Ini menciptakan interval yang ketujuh di atas akar akord, langkah alami berikutnya dalam menyusun akord malaria. Akord ketujuh pada langkah kelima dari skala (ketujuh dominan) adalah satu-satunya tersedia di skala utama: mengandung semua tiga catatan dari tiga serangkai berkurang dari ketujuh dan sering digunakan sebagai pengganti kuat untuk itu.

Ada berbagai jenis akord ketujuh tergantung pada kualitas dari kedua akord dan ketujuh ditambahkan. Dalam notasi chord jenis akord terkadang superscripted dan kadang-kadang tidak (misalnya Dm7, Dm 7, dan D m7 semuanya identik).

Komponen interval Chord simbol Catatan Audio
Ketiga Kelima Ketujuh
Berkurang ketujuh kecil berkurang berkurang C o 7, Cdim 7 [ rujukan? ] CE G ♭ ♭ B menggandakan datar Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Half-berkurang ketujuh kecil berkurang kecil C ø 7, CM7 ♭ 5, C-7 (♭ 5) [ rujukan? ] CE G ♭ ♭ B ♭ Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Kecil ketujuh kecil sempurna kecil CM7, Cmin7, C-7, C-7 [ rujukan? ] CE ♭ ♭ GB Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Kecil besar ketujuh kecil sempurna utama Cm (M7), Cm maj7, C-(J7), C-Δ 7, C-M7 [ rujukan? ] CE ♭ GB Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Dominan ketujuh utama sempurna kecil C7, C 7, Cdom7 [ rujukan? ] CEGB ♭ Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Mayor ketujuh utama sempurna utama CM7, Cmaj7, C Δ 7, C Δ 7, C Δ 7, C J7 [ rujukan? ] CEGB Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Augmented ketujuh utama ditambah kecil C +7, Caug7, C7 +, C7 +5, C7 ♯ 5 [ rujukan? ] CEG ♯ B ♭ Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Augmented utama ketujuh utama ditambah utama C + (M7), CM7 +5, CM7 ♯ 5, C + J7, C + Δ 7 [ rujukan? ] CEG ♯ B Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

[ sunting ] Perpanjangan chords

Artikel utama: chord Perpanjangan
Lihat juga notasi Jazz dan pop untuk akord diperpanjang

Ketiga belas dominan akord diperpanjang: CEGB ♭ DFA Tentang suara ini bermain ( membantu · Info ). Para struktur atas atau ekstensi, yaitu catatan luar ketujuh, dengan warna merah.

Akord Extended triad dengan catatan malaria lebih lanjut menambahkan luar ketujuh; akord sembilan, kesebelas, dan ketiga belas. Setelah tiga belas catatan ditambahkan dalam pertiga akan menduplikasi catatan di tempat lain di akord: semua tujuh catatan dari skala yang hadir dalam akord dan catatan lebih lanjut menambahkan tidak akan memberikan kelas lapangan baru. Akord tersebut dapat dibangun hanya dengan menggunakan catatan yang terletak di luar skala tujuh-catatan diatonis (Lihat akord # Diubah bawah).

Komponen (akord dan interval) Chord simbol Audio
Dominan kesembilan dominan ketujuh akord utama kesembilan - - C9 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Dominan kesebelas dominan ketujuh akord
(Ketiga biasanya dihilangkan)
utama kesembilan sempurna kesebelas - C11 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Dominan ketiga belas dominan ketujuh akord utama kesembilan sempurna kesebelas
(Biasanya dihilangkan)
utama ketiga belas C13 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

Akord diperpanjang lainnya mengikuti aturan serupa, sehingga misalnya maj9, maj11, dan maj13 berisi akord ketujuh besar daripada ketujuh akord dominan, sedangkan min9, min11, dan min13 berisi akord ketujuh kecil.

[ sunting ] akord Diubah

Artikel utama: chord Diubah

Diubah pada akord C dengan rata-5,, 7 dan 9. Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

Meskipun ketiga dan ketujuh akord selalu ditentukan oleh simbol ditunjukkan di atas, lima, sembilan, sebelas dan tiga belas semua dapat chromatically diubah oleh aksidensi (root tidak dapat begitu diubah tanpa mengubah nama akord, sedangkan ketiga tidak dapat diubah tanpa mengubah kualitas akord tersebut). Ini dicatat bersama elemen untuk diubah. Aksidensi yang paling sering digunakan dalam hubungannya dengan akord ketujuh dominan. “Diubah” akord dominan ketujuh (C 7alt) mungkin memiliki yang kesembilan datar, yang kesembilan tajam, seperlima berkurang atau kelima ditambah (lihat Teori Jazz Levine). Beberapa menulis ini sebagai C 7 +9, yang mengasumsikan juga kesembilan datar, kelima berkurang dan ditambah kelima (lihat Silabus Skala Aebersold ini). Kesembilan augmented sering disebut dalam musik blues dan jazz sebagai catatan biru , menjadi enharmonically setara dengan ketiga datar atau kesepuluh. Ketika angka superscripted yang menggunakan nomor yang berbeda dapat terdaftar secara horizontal (seperti yang ditunjukkan) atau vertikal.

Komponen catatan Chord simbol Audio
Ketujuh ditambah kelima dominan ketujuh ditambah kelima C 7 +5, C 7 5 ♯ Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Ketujuh datar sembilan dominan ketujuh kecil kesembilan C 7-9, C 7 ♭ 9 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Ketujuh tajam sembilan dominan ketujuh ditambah kesembilan C 7 +9, C 7 ♯ 9 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Ketujuh kesebelas ditambah dominan ketujuh ditambah kesebelas C 7 +11, C 7 ♯ 11 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Ketujuh datar ketiga belas dominan ketujuh kecil ketiga belas 7-13 C, C 7 ♭ 13 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Half-berkurang ketujuh kecil ketujuh berkurang kelima C ø, C m7 ♭ 5 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )

[ sunting ] akord nada Ditambahkan

Artikel utama: chord nada Ditambahkan

Suspended chord (sus2) dan chord nada tambah ( add9 ) baik dengan D ( = kesembilan kedua ), dibedakan oleh tidak adanya atau kehadiran ketiga (E ♭). [30]

Sebuah chord nada ditambahkan adalah chord triad dengan, tambah non- malaria catatan, seperti keenam biasanya ditambahkan serta akord dengan kedua tambah (kesembilan) atau keempat (kesebelas) atau kombinasi dari ketiganya. Ini akord tidak termasuk “intervensi” pertiga seperti pada akord diperpanjang. Akord Ditambahkan juga dapat memiliki variasi. Jadi madd9, M4 dan m6 adalah triad minor dengan catatan diperpanjang.

Akord keenam dapat dianggap sebagai milik salah satu dari dua kelompok yang terpisah; akord inversi pertama dan menambahkan akord keenam: akord yang berisi keenam (dari akar) sebagai catatan anggota-akord yang dipisahkan oleh interval dari seperenam dari akar akord yang – [31] . dan akord terbalik di mana interval seperenam muncul di atas catatan bass yang tidak akar [32]

Akord keenam utama (juga disebut, keenam atau ditambahkan keenam dengan notasi chord 6, misalnya, “C6″) adalah jauh yang paling umum jenis akord keenam dari kelompok pertama. Ini terdiri dari tiga serangkai utama dengan tambah keenam besar di atas akar, umum di musik populer. [7] Sebagai contoh, C6 chord berisi CEGA catatan. Akord keenam minor (min6 atau m6, misalnya, “Cm6″) adalah triad minor dengan catatan tambah sama. Misalnya, akord Cmin6 berisi catatan ♭ CE-GA. Dalam notasi chord, keenam dari akord baik selalu diasumsikan seperenam besar daripada kecil keenam , namun interval keenam kecil dapat diindikasikan dalam notasi sebagai, misalnya, “Cm (m6)”, atau Cm m6.

Para chord augmented keenam biasanya muncul dalam notasi akor sebagai setara enharmonic nya, akord ketujuh. Chord ini berisi dua catatan dipisahkan oleh interval dari keenam augmented (atau, dengan inversi, sepertiga berkurang, meskipun inversi ini jarang terjadi). Keenam ditambah pada umumnya digunakan sebagai interval disonan paling umum digunakan dalam gerak menuju akord dominan di posisi root (dengan akar dua kali lipat untuk menciptakan oktaf mana chord augmented keenam menyelesaikan) atau ke akord tonik di inversi kedua (tonik triad dengan kelima dua kali lipat untuk tujuan yang sama). Dalam hal ini, catatan tonik dari kunci termasuk dalam akord, kadang-kadang bersama dengan catatan keempat opsional, untuk menciptakan salah satu dari berikut (ilustrasi sini dalam kunci C mayor):

  • Italia ditambah keenam: A ♭, C, F ♯
  • Perancis ditambah keenam: A ♭, C, D, F ♯
  • Jerman ditambah keenam: A ♭, C, E ♭, F ♯

Keluarga ditambah keenam akord menunjukkan kekhasan tertentu. Karena mereka tidak didasarkan pada triad, seperti akord tujuh dan akord keenam lainnya, mereka umumnya tidak dianggap sebagai memiliki akar (atau, oleh karena itu, inversi), meskipun satu kembali menyuarakan dari catatan adalah umum (dengan interval senama terbalik untuk membuat sepertiga berkurang).

Kelompok kedua akord keenam mencakup akord mayor dan minor terbalik, yang dapat disebut akord keenam di bahwa 6-3 (6/3) dan enam puluh empat (6/4) akord mengandung interval dari keenam dengan catatan bass, meskipun ini bukan akar. Saat ini sebagian besar untuk studi akademis atau analisis (lihat bass pikir) tapi akord Neapolitan keenam merupakan contoh penting, sebuah triad utama dengan tingkat skala datar supertonic sebagai root perusahaan yang dapat disebut “enam” karena hampir selalu ditemukan dalam pertama inversi. Meskipun analisis angka akurat secara teknis Romawi akan ♭ II, umumnya diberi label N 6. Dalam C mayor, akord adalah dinotasikan (dari posisi root) D ♭, F, A ♭. Karena menggunakan chromatically nada diubah chord ini sering dikelompokkan dengan akord yang dipinjam (lihat di bawah) tapi akord tidak dipinjam dari besar atau kecil relatif dan mungkin muncul dalam kedua kunci mayor dan minor.

Komponen catatan (akord dan interval) Chord simbol Audio
Tambahkan sembilan utama triad utama kesembilan - C2, C add9 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Mayor 4 utama triad sempurna keempat - C4, C add11 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Mayor keenam utama triad utama keenam - C6 Tentang suara ini Play ( membantu · Info )
Enam puluh sembilan utama triad utama keenam utama kesembilan C6 / 9

[ sunting ] akord Suspended

Artikel utama: Suspended chord

Sus4 chord pada C Tentang suara ini bermain ( membantu · Info )

Sebuah “akord sus” ditangguhkan akord, atau (kadang-kadang keliru dianggap berarti akord berkelanjutan), adalah akord yang ketiga diganti dengan baik “kedua” atau “keempat.” Hal ini menghasilkan dua jenis akord utama: kedua ditangguhkan (sus2) dan keempat ditangguhkan (sus4). Akord, C dan C sus2 sus4, misalnya, terdiri dari CDG catatan dan CFG, masing-masing. Ada juga jenis ketiga akord ditangguhkan, di mana kedua kedua dan keempat yang hadir, misalnya dawai dengan catatan CDF G. “

Nama ditangguhkan berasal dari awal polifonik teknik yang dikembangkan selama periode praktek umum , di mana kemajuan melodi bertahap ke catatan harmonis stabil dalam setiap bagian tertentu sering sesaat ditunda atau ditangguhkan dengan memperpanjang durasi dari catatan sebelumnya. Disonansi tak terduga yang dihasilkan kemudian bisa menjadi semua lebih memuaskan diselesaikan oleh penampilan akhirnya catatan pengungsi. Dalam teori musik tradisional dimasukkannya yang ketiga dalam akord baik akan meniadakan suspensi, sehingga akord tersebut akan disebut menambahkan akord kesembilan dan kesebelas tambah sebagai gantinya.

Dalam penggunaan modern, istilah awam dibatasi untuk perpindahan dari ketiga hanya dan kebutuhan kedua atau keempat tidak lagi disonan yang akan diadakan di atas (“siap”) dari akord sebelumnya. Baik itu sekarang wajib bagi catatan pengungsi untuk membuat tampilan sama sekali meskipun dalam kebanyakan kasus resolusi bertahap konvensional untuk ketiga masih diamati. Dalam pasca-bop dan modal jazz komposisi dan improvisasi ditangguhkan akord ketujuh sering digunakan dalam cara non-tradisional: ini sering tidak berfungsi sebagai akord V, dan tidak menyelesaikan dari keempat untuk yang ketiga. Kurangnya resolusi memberikan akord kualitas, ambigu statis. Memang, yang ketiga yang sering dimainkan di atas sebuah akord sus4. Contoh yang baik adalah standar jazz, ” Maiden Voyage “.

Versi diperpanjang juga mungkin, seperti keempat ditangguhkan ketujuh, yang, dengan root C, berisi catatan CFGB ♭ dan dinotasikan sebagai C7 sus4 Tentang suara ini bermain ( membantu · Info ) C sus4 kadang-kadang ditulis C sus sejak sus4 adalah lebih umum daripada sus2 tersebut..

[ sunting ] akord Dipinjam

Artikel utama: chord Dipinjam

Akord dipinjam dari kunci minor paralel biasanya ditemukan di, era Barok Klasik dan Romantik.

Sebuah akord meminjam adalah salah satu yang diambil dari berbagai kunci dengan yang ada pada bagian ini digunakan dalam (disebut “rumah kunci”). Terjadinya paling umum ini adalah di mana sebuah chord dari besar atau kecil paralel kunci digunakan. Contoh yang sangat baik dapat ditemukan di seluruh karya-karya komponis seperti Schubert .

Sebagai contoh, untuk seorang komposer bekerja dalam kunci C mayor, seorang ♭ akord III besar akan dipinjam, karena hal ini hanya muncul dalam kunci C minor. Meskipun akord dipinjam secara teoritis dapat mencakup akord diambil dari sembarang tombol selain tombol home, ini bukan bagaimana istilah ini digunakan ketika akord dijelaskan dalam resmi analisis musik .

Ketika akord dianalisis sebagai “dipinjam” dari kunci lain mungkin ditunjukkan dengan angka romawi yang sesuai dengan kunci setelah tanda garis miring jadi, misalnya, V / V menunjukkan akord dominan dari kunci dominan dari sekarang rumah kunci. Kunci dominan C mayor adalah G besar jadi ini sekunder yang dominan akan menjadi akord dari tingkat kelima dari skala G mayor, yang D besar. Jika digunakan, chord ini akan menyebabkan modulasi .